2 Cara Ini Dapat Menstabilkan Proses Download IDM Kamu

Standar

2 Cara Ini Dapat Menstabilkan Proses Download IDM Kamu

Menyebalkan itu adalah saat men-download file berukuran besar lewat Internet Download Manager (IDM), tiba-tiba gagal di tengah jalan. Masih mending jika gagal masih 10%, tapi bagaimana jika gagal setelah download 50%? Sakit di kuota deh pasti. Nah, apa kamu pernah mengalami gagal download lewat IDM? ini cara untuk mengatasinya.

Gagal download di IDM bisa disebabkan oleh banyak hal, entah itu virus yang terkandung di dalam file yang di-download atau jaringan yang kurang baik. Terlepas dari apa penyebabnya, Jaka akan berikan tips agar kamu nggak gagal download di IDM lagi.

Tips Mengatasi Gagal Download di IDM

1. Atur Koneksi

Jika sebelumnya Jaka pernah memberikan tips Trik Ampuh Mengatasi IDM Berhenti Download di 99 Persen dengan mengatur tab Save to, kali ini cara lain. Yakni dengan mengatur koneksi yang digunakan untuk men-download oleh IDM. Mengingat koneksi internet di Indonesia yang masih belum stabil, tentu ini menjadi penyebab terbanyak gagalnya download di DIM. Bagaimana cara mengatasi gagal download di IDM karena masalah koneksi?

  • Buka IDM, lalu pilih menu Download – Option.

IDM_1

  • Setelah terbuka, selanjutnya silakan pindah ke tab Connection.

IDM_2

  • Di sini, tugas kamu adalah memainkan angka yang terdapat di pilihan Default max. conn. number.

IDM_3

Tapi merubahnya tidak sembarangan, melainkan harus menyesuaikan dengan kondisi kecepatan internet yang kamu gunakan. Patokan dari Jaka:

Kecepatan Internet Nilai
Lebih dari 1 Mbps 1-32
Kurang dari 500 Kbps 1-24
Kurang dari 300 Kbps 1-16
Kurang dari 100 Kbps 1-8

Semakin kecil angkanya, semakin kecil resiko kamu untuk gagal download di IDM. Perlu diketahui juga, semakin besar angkanya semakin besar menyedot bandwith data yang digunakan. Jadi, selain mengatasi gagal download di IDM, kamu juga bisa menghemat bandwith selama proses download.

2. Matikan Antivirus

IDM_4

Untuk beberapa sebab, gagal download IDM disebabkan karena adanya virus yang terkandung di file yang di-download. Karena terkoneksi dengan sistem PC, maka antivirus akan memindai file yang di-download oleh IDM. Jika kamu men-download file dari web yang kurang dipercaya, tapi butuh filenya, silakan matikan antivirusnya sementara selama download agar tidak gagal download lewat IDM. Meski sudah banyak cara untuk membersihkan virus pada PC, tapi akan lebih baik jika kamu berjaga-jaga dengan tidak sembarang men-download file dari sumber yang tidak terpercaya.

Iklan

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s